Tuesday 15 March 2016

Faktor Penyebab Timbulnya Flek Hitam


Flek umum ditemukan pada wajah dan tidaklah berhubungan dengan tipe kulit kering, norma atau berminyak. Flek disebabkan oleh banyak hal seperti faktor genetik, hormon, sinar UV, kosmetik dan konsumsi obat-obatan yang dapat memicu terjadinya pigmentasi kulit.

Flek akibat sinar matahari yang sering kita lihat adalah fleckles, terjadi karena sun spots sinar matahari sedangkan melasma berupa bintik-bintik hitam yang dihasilkan dari kombinasi sinar matahari dan hormon. Flek hitam pada wajah dan dada lebih sering ditemukan pada jenis kulit berwarna cerah. Jika tidak segera dirawat, flek mungkin bertambah banyak dan melebar.

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab munculnya flek hitam pada wajah.
 

 

1. Sinar Ultraviolet

Setiap kali berjemur tanpa tabir surya, itu sebenarnya membiarkan kulit terkena sinar UVA dan UVB yang berbahaya bahkan saat berteduh kulit pun belum terlindungi. Sinar UVA cukup kuat untuk menembus kaca yang berarti ketika kamu mengendarai mobil sinar yang masuk melalui cendela akan berisiko terkena sinar UVA.

2. Kosmetik

Beragam kosmetik beredar di pasaran menjadi penyebab flek hitam di wajah terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bhan-bahan tertentu yang dapat menimbulkan fotosensivitas, fotosensivitas adalah keadaan kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalkan kita memakai blush on yang mengandung fotosensivitas, sehingga daerah tersebut sering terkena sinar matahari membuat pipi muncul flek hitam. Pemakaian parfum di hari yang bersinar cerah berisiko karena kebanyakan parfum mengandung photosensitizer yang dapat membuat kulit rentan terhadap sinar matahari sehingga mempercepat pigmentasi. Salah satu contohnya adalah bergamot oil, di mana terkandung dalam sepertiga dari seluruh parfum dan cologne di dunia. Kondisi ini disebut berlock dermatitis dan berkembang pada saat kulit terkena parfum ditambah sinar matahari.

3. Polusi

Jika tinggal di kota metropolitan yang sibuk dan mengalami bebrapa noda hitam di wajah, penyebabnya mungkin adalah polusi. Flek terbentuk karena sel kita memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebih untuk melawan kerusakan akibat bahan yang dapat mengiritasi kulit. Dengan maraknya pencemaran di udara mengiritasi kulit setiap hari, sel kita tentu harus bekerja keras memperbaiki kerusakan.

4. Jangan menggaruk kulit meskipun terasa gatal

Apabila kulit terasa gatal secara reflek pasti ingin menggaruknya tapi tindakan tersebut dapat mengiritasi dan merusak kulit sehingga kulit memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahanan. Menggaruk bekas gigitan nyamuk dapat memicu terbentuknya flek hitam. Noda tersebut biasanya pudar dalam tiga bulan. Namun jika terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, waktu pemulihan dapat berlangsung lebih lama sampai 2 tahun.

5. Obat

Obat-obatan juga mmeicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Jika seseorang menggunakan obat-obatan difenilhidanton, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin, flek hitam bisa muncul termasuk pil KB kemungknan menjadi penyebab flek hitam pada kulit. Alasannya bila dikonsumsi, pil tersebut akan memicu hormon yang diproduksi saat seorang wanita hamil dalam mempersiapkan tubuh untuk melahirkan. Hormon itu bertanggung jawab atas hiperpigmentasi, ata flek hitam yang terlihat pada kulit demikian pula dengan pemakian pil kontasespsi.

6. Hormon

Hormon telah jelas menjadi penyebab flek hitam di wajah. Hormon estrogen, progesteron dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Pigmentasi akibat hormonal terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi pada usai trisemester ketiga.

7. Genetik

Pigmentasi juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dan genetik. Hasil penelitian menunjukkan flek tampak karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen.

Nah, ladies itu tadi penjelasan mengenai penyebab munculnya flek hitam di wajah. Untuk menjaganya kulit tetap bersih lakukan perlindungan wajah dengan menggunkaan masker, walaupun sinar UV sangat kuat setidaknya kulit masih bisa terlindungi dengan tidak terpapr langsung.
Semoga informasi di atas dapat membantu dan bisa jadi solusi anda

No comments:

Post a Comment