Thursday 17 March 2016

BEBERAPA GEJALA KANKER SERVIKS

Kanker Serviks atau cervical cancer menjadi salah satu penyakit mematikan bagi wanita. Jadi sebaiknya kenali beberapa gejala dari penyakit tersebut. Kanker Mulut Rahim tersebut disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus). Virus ini mudah menular, salah satunya lewat hubungan intim secara bebas.





Berikut ini beberapa gelaja penyakit Kanker Serviks, yaitu:

1. Keputihan Berlebihan.

Ketika sel kanker mulai berkembang di leher rahim, maka akan banyak cairan keputihan yang keluar dari vagina. Jadi kenalilah jenis keputihan yang Anda alami. Jika mengalami keputihan yang tidak wajar, maka segera periksakan diri ke dokter.

2. Adanya Benjolan Kecil.

Ahli ginekologi Rosa Maria Leme menjelaskan, salah satu gejala awal dari terjadinya kanker serviks ini adanya benjolan kecil yang mirip dengan kutil pada vagina.
“Kemunculan benjolan kecil atau kutil menjadi ciri adanya penyakit pada area serviks,” kata Rosa.

3. Terjadi Pendarahan.

Terjadinya pendarahan yang berlebih dan tidak wajar menjadi salah satu tanda kanker serviks dan sel-sel penyakit tersebut sudah berkembang hingga stadium lanjut. Pendarahan yang tidak wajar tersebut bila terjadi di luar siklus menstruasi.

4. Mengalami Anemia.

Terjadinya pendarahan yang tidak wajar tersebut hingga menimbulkan anemia atau kekurangan darah.

5. Kandung Kemih Terasa Sakit.

Terjadinya pembengkakan pada mulut rahim, karena kandung kemih ikut terkontaminasi oleh sel-sel kanker serviks, dan hal ini akan menimbulkan rasa sakit sekali.

6. Nyeri Pada Kaki, Punggung Dan Juga Pinggul.

Hal ini karena pembuluh vena sulit mengalirkan darah ke bagian-bagian tersebut, sehingga menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan di tiga bagian tersebut.

7. Berat Badan Menurun Secara Drastis.

Orang yang terserang kanker serviks biasanya kehilangan nafsu makan. Secara otomatis, berat badan penderitanya akan turun secara drastis.
Informasi tambahan, pemicu utama munculnya sel kanker mulut rahim atau kanker serviks karena gaya hidup yang tidak sehat, sering melakukan hubungan intim secara bebas, merokok dan lemahnya daya tahan tubuh.
Sebaiknya rutin melakukan tes Papsmear minimal setahun sekali, untuk mencegah terserangnya Kanker Serviks.

SHARE ke orang2 yang anda sayangi yahh.... 

No comments:

Post a Comment